Belajar Bahasa Java Dari Awal Yuk !!!

Wednesday, September 09, 2015 Widi Ramadhan 0 Komentar


Selamat malam mblo, pada kesempatan kali ini gue akan berbagi pengalaman dalam belajar bahasa java dari awal nih mblo. gue akan membahas tentang Dasar-dasar pada bahasa pemrograman Java. Apapun yang akan kita lakukan sebaiknya dilakukan dari dasar. Mengapa? Kalau ditanya mengapa, ya karena apapun yang dilakukan dari dasar hasil yang didapat akan lebih maksimal, memuaskan dan tidak akan sia-sia. yakan mblo? woiya dong...
Sebelum memulai untuk belajar, siapkan dahulu alat-alat perangnya,Apa saja yang perlu dipersiapkan?



1. JDK (Java Development Kit )
JDK atau Java Development Kit digunakan untuk mengkompilasi, debug, dan menjalankan aplikasi pada Java. Jadi, jika tidak ada JDK program java tidak akan bisa dijalankan.
Download JDK –> ( Download )



2. JRE (Java Runtime Environment)
Untuk menjalankan aplikasi Java, pada komputer harus memiliki Java Runtime Environment (JRE) untuk diinstall. Java Runtime Environtment (JRE) termasuk dalam Java Virtual Machine (JVM). Java Virtual Machine adalah perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk menterjemahkan bahasa Java ke Bahasa Mesin. Jadi, jika ingin menjalankan program java harus menginstall JRE terlebih dahulu.
Download JRE –> ( Download )

3. NetBeans IDE
Netbeans IDE berfungsi sebagai perangkat lunak atau software yang digunakan oleh programmer untuk membuat atau mengembangkan program. Netbeans IDE memberikan utilitas yang lebih lengkat termasuk compiler, linker, debugger, dan lain sebagainya. Kelengkapannya itulanh yang membuat programmer lebih memilih memakai Netbeans dibandingkan yang lain.
Download NetBeans IDE –> ( Download )

Let’s Start !!

- Install dulu semua aplikasi nya. Untuk penginstalan saya rasa sudah paham ya..

- Kemudian kita buka NetBeans IDE nya. Disini saya menggunakan NetBeans IDE 8.0.2
 
- Pilih File kemudian pilih New Project
- Pilih Java Application kemudian isi project name dengan 'Hello' dan kita akan ditawarkan untuk membuat class pada project tersebut. Jika merasa tidak perlu membuat class terlebih dahulu maka Unchecklis pada Create Main Class.
- Tunggu hingga proses pembuatan project selesai. Jika sudah selesai maka dibagian kiri akan muncul nama project yang telah kita buat
- Oke, sekarang kita akan masuk ke dalam pembuatan class. klik kanan pada Project Hello, kemudian pilih New, lalu pilih Java Class. Isi nama Class 'HelloWorld' kemudian finish dan akan muncul jendela class.

- Ketik coding seperti berikut
Penjelasan :
  • Public class HelloWorld : Ketika kita membuat class maka akan otomatis muncul coding tersebut. public disini berarti metod tersebut dipanggil bisa untuk semua class
  • Public static void main(String[] args) : Modifier static pada metod berarti metod tersebut dapat dipanggil hanya dari dalam class yang sama 
  • System.out.print : fungsi ini digunakan untuk mencetak

-  Kemudian pilih menu Run, lalu pilih Run File. atau bisa juga dengan memijit Shift+F6
- Maka akan kata 'Hello World' akan di cetak

Mudah bukan?
Baiklah, itulah sedikit pembahasan tentang “Belajar Bahasa Java dari Dasar Yuk !!” yang dapat saya sampaikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan, kalian dapat bertanya pada kolom komentar. Bila ada kesalahan saya mohon maaf. Terimakasih sudah membaca artikel ini.



0 comments:

Mari budayakan komentar yang positif dan mohon kebijaksanaannya untuk tidak melakukan spamming. Jangan menyertakan link di dalam komentar, karena akan terdeteksi sebagai spam oleh google Life for sharing.