Cerpen : Pacarku Jelek

Saturday, February 18, 2012 Widi Ramadhan 0 Komentar


“Kenapa loe?” tanya Agnes setelah berkali-kali aku ping.
“Kemana aja sih loe?”
“Bb gua lowbat tadi.”
“Ow….”
“Loe lagi ada masalah ya?”
“Entahlah…”
“Aneh!”
Aku menggaruk kepalaku yang sama sekali tidak gatal.
“Gua malu pacaran ama Tara.”
“Hah? Yang benar aja loe? Kenapa emangnya?”
“Dewantara, ngga kayak cowok teman-teman gua yang lain. Kalau mau dibandingin kayak langit dan bumi deh. Semuanya pada cerita tentang kehebatan dan kelebihan pacar mereka sedangkan gua? Gua ngga tau harus ngomong apa. “
“Dia pasti punya kelebihan.”
“Kelebihan? Yang ada kekurangan.”
“Emang apa aja kekurangannya?”
“Mau tau kekurangannya dia?”

“Emang apa?”
“Masa hari gini dia ngga punya BB. Blackberry gitu loh! Yang ada hanya Hp butut nan tua. Yang bisa untuk sms dan telpon doang. Sedangkan pacar teman-teman gua, jangankan BB, iphone pun punya. Ngeselin ngga?????”
“Ow….”
“Trus dia ngga pernah jemput gua. Jangankan pake mobil. Sepeda aja ngga punya, apa lagi motor! Ke mana-mana naik angkot. Duh, padahal Jakarta kan panas dan berdebu di mana-mana. Coba lihat tuh, cowoknya si Ririn. Mau naik mobil apa aja bisa. Tinggal pilih yang ada di garasi rumahnya. Sopir ngga cuma satu tapi lebih. Ke mana aja pasti dianterin. Sementara, Dia! Jauh banget…… “
“Trus?”
“Apa lagi ya? Oh ya…. Bajunya itu loh! Warnanya udah kusam. OMG! Emang ngga ada yang lebih keren lagi? Sementara pacar teman-teman aku tuh pake baju yang bermerek terkenal. Sepatu si dia aja belinya di pasar dan itu-itu aja. Huhuhuhu….”
“Trus apa lagi?”
“Belum lagi nih masalah makan. Mana mau dia makan di kafe atau restoran yang berkelas gitu. Mana ada duit dia buat traktir gua. Yang ada minum es teh dan makan bubur di pinggir jalan. Kan kalo teman-teman gua liat bisa gengsi gua. Gengsi segengsi gengsinya. Gokil, malu-maluin banget sebanget bangetnya! “
“Itu doang?”
“Masih ada lagi nih. Dia ngga pernah ngasih gua kado atau sesuatu yang “mahal” gitu. Coba, si Keisha yang baru jadian satu bulan ama si Tio, pake liontin emas putih. Sedangkan gua? Mimpi kali yeeee….”
“Apa lagi?”
“Trus wajahnya itu jauh dari yang namnya ganteng!!!!! Makanya aku suka bilang kalo dia itu “JELEK!”
“Bisa aja loe. Dia ganteng kali.”
“Gua benar-benar malu banget punya pacar kayak De! Mau putusin aja rasanya! “
“Yang benar aja loe!”
“Tadi pas pulang kuliah, gua lihat dia nunggu gua di gerbang sekolah. Tapi gua menghindar. Gua malas ketemu ama dia. Hari ini dia tau kalau gua akan ke Rumah sakit buat terapi. Karena dia ngga berhasil menemui gua di sekolah dia nyusul di rumah sakit. Tapi gua lagi-lagi menghindar. Setiap kali dia sms ngga gua gubris. Kalo dia telpon gua ngga angkat.”
“Tega banget loe!”
“Biarin!”
“Terserah loe deh kalo gitu.”
######
“Gua mau putus ama Tara!”
“HAH?” kata teman-teman gua kompak begitu mendengar ucapan gua.
“Monica… Akhirnya loe nyadar juga! tara itu ngga pantas buat loe. Kayak majikan ama pembantu,” ujar Talitha berapi-api.
“Ngga ada untungnya loe tetep ama dia, ntar elo juga bisa dapet yang lebih bagus dan berkelas gitu loh! Cewek kayak loe, banyak cowok yang ngantri buat dapetin loe,” celoteh Sandra sambil menikmati pizza.
Setelah mendengar sana-sini tentang pendapat teman-teman gua mengenai Dewantara akhirnya gua pun bersuara.
“Ah!!! Bete banget gua ama Tara, udah ngga ada modal mending kalo gaul, dan mukanya setelah gue pikir-pikir biasa banget, ya ampun kok gua dulu mau yah jadian sama dia? Dipelet kali yah gua!!”
Tiba-tiba dunia mendadak sepi. Semuanya pada ngelihat ke belakang gua. GUBRAK!!!! Dewantara ada disana. Dia mendengar semua yang gua ngomongin. Mulut gua mendadak terkunci rapat. Gua hanya bisa diam dan melirik Tara sebentar. Gua ngga habis pikir, kenapa dia bisa tau gua ada di sini? Tadi gua sempat lihat dia bawa mawar kuning. Mawar kesukaan gua. Dia hanya diam lalu beranjak pergi sambil tertunduk.
Gua benar-benar ngga nyangka kalo ini terjadi! Rasanya seperti dalam sinetron kampungan aja!!!!
######
Kembali gua bercoleteh dengan Agnes via bbm.
“Setelah beberapa hari semenjak kejadian itu. Tara seperti menghilang! Ngga ada sms apa lagi telpon dari dia. Di facebook pun dia ngga nulis apa-apa. Ah!!!! Kok gua tiba-toba jadi kangen ya….”
“Itu artinya loe cinta ama dia.”
“Gua mulai ngerasa kehilangan sesuatu, kadang gua suka bengong dan bingung sendiri. Cuma gua berusaha ilangin perasaan itu. Gua ngga tau kenapa jadi males kemana-mana, pengennya sendiri aja, males ngapa-ngapain. Semua orang jadi bingung kenapa gua berubah jadi kayak gini. Gua sendiri juga ngga tau kenapa?”
“Duh, kalo udah urusan cinta memang bikin susah!”
Gua tiba-tiba kangen ama lagu yang pernah De nyanyikan dengan suaranya yang fals….

Kali ini kusadari
Aku telah jatuh cinta
Dari hatiku terdalam
Sungguh aku cinta padamu

Cintaku bukanlah cinta biasa
Jika kamu yang memiliki
Dan kamu yang temaniku seumur hidupku

Terimalah pengakuanku
Percayalah kepadaku
Semua ini kulakukan
Karena kamu memang untukku

Cinta ku bukan cinta biasa
Jika kamu yang menemani
Dan kamu yang temaniku seumur hidupku
Terimalah pengakuanku
Ngga tau, gua mendadak nangis. Gua baru menyadari kalo dia itu baik banget… Baik sebaik baiknya. Mungkin dia adalah cowok terbaik yang pernah dekat dengan gua.
Meski dia ngga punya BB tapi dia berusaha untuk memangkas uang makannya hanya untuk beli pulsa agar bisa smsan ama gua atau telpon . Apa lagi kalo gua tengah malam mendadak ngga bisa tidur, dia setia menemani gua dengan smsannya meski gua tau seharian dia capek sama pekerjaannya. Pernah tuh berkali-kali dia ketiduran pas lagi smsan sama gua.
Meski dia ngga punya kendaraan sendiri tapi dia selalu berusaha ontime kalo janjian sama gua. Ngga hujan ngga panas. Meski gua tau kadang dia harus ganti angkut berkali-kali dari kosnya ke tempat kami janjian.
Dari dia belajar kalo batik itu banyak coraknya. Dari baju batiknya aku belajar untuk mencintai Indonesia. Dia ngga pernah malu memakai batik meski sering diejek. Tapi dia tetap bangga dengan batik dan Indonesia.
Gua suka bertanya kenapa dia suka makan di kaki lima atau warteg? Dia hanya bilang, “Ngapain makan di restoran mahal? Hanya bikin si empunya restoran yang udah kaya jadi kaya. Sedangkan mereka ini, mereka jualan apa yang mereka bisa jual agar bisa menghidupi keluarga mereka.”
“Maaf aku ngga bisa beliin kamu barang yang bagus dan mahal. Karena anak-anak asuhanku banyak yang butuh biaya sekolah.” Ucapnya pas ULTAHku beberapa waktu yang lalu.
Dia juga pernah nulis di status updatenya di facebook gini ” Tuhan ngga memandang rupa manusia. Cakep atau jelek sama aja di mata-Nya. Tuhan hanya tertarik dengan karakter dan hati kita. Bukan wajah kita!”
Dari Dewantara gua belajar banget tentang hidup. Gua berharap kalau gua tidak terlambat untuk minta maaf. Gua baru tau di balik kekurangannya dia punya seribu kebaikan yang belum tentu dimiliki cowok lain. Sebenarnya gua beruntung punya Dewantara. Dia selalu kuatir dengan keadaan gua. Selalu ingetin gua untuk makan dan minum obat. Yang selalu ingin tau gua tetap sehat atau lagi sakit. Yang selalu berdoa buat gua. Yang selalu bikinin gua puisi untuk note di facebooknya meski dia harus ke warnet.
Apakah dia, mau maafin gua? Pelajaran berharga dari kejadian ini adalah hargailah apa yang kamu miliki sekarang, karena tanpa kamu sadari, kamu begitu beruntung telah memilikinya.
Gua menghubungi nomor Tara…
“Halo!”
“Monica?!”
“Maaf ya!”
“Maaf? Maaf untuk apa?”
“Untuk kejadian tempo hari.”
“OMG! Aku udah lupa kali! Ngapain dipikirin.”
“Kamu ngga sakit hati atau marahkan?”
“Gubrak! Ngapain marah apa lagi sakit hati? Nikmati aja!”
“Hah? Kamu bilang nikmati aja?”
“Ya iyalah. Hidup itu udah susah jadi ngapain dibikin susah lagi?”
“Trus, kenapa sejak kejadian itu kamu menghindar?”
Dewantara hanya diam…
“Tara…” teriakku.
“Gua habis kecelakaan…..”
Gua tidak memperhatikan lagi suaranya. Gua hanya menyesali betapa jahatnya gua ama Tara.
Gua berjanji dalam hati, apa pun yang terjadi dan apa pun kata orang tentang dia, gua hanya mau bilang pada diri gua sendiri “Nikmati aja!”. Karena gua jauh lebih tau kualitas seorang Dewantara dibandingkan yang lain.
……………….
TAMAT

0 comments:

Mari budayakan komentar yang positif dan mohon kebijaksanaannya untuk tidak melakukan spamming. Jangan menyertakan link di dalam komentar, karena akan terdeteksi sebagai spam oleh google Life for sharing.