Jangan Congkak & Sombong !!

Saturday, February 18, 2012 Widi Ramadhan 0 Komentar





Disini gw cuman share, gw pun tetap mengakui kalau gw pernah mendapatkan sifat ini dan memang ada di sebagian orang.
Tapi disini rincinya bakal gw jelasin betapa buruknya sifat congkak dan sombong.
Saat engkau berbicara betapa hebatnya pekerjaanmu beserta gajinya, ingatlah itu tergantung usaha anda, kadang relasi kita atau siapapun bisa membuat anda lebih hebat daripada sekarang tapi bisa membuat anda benar-benar terjatuh dan bisa membuat anda terkapar dibawah, serta orang-orang yang pernah ditunjukkan kesombongan anda bisa tertawa dan ada yang hanya diam ketika melihat anda sedang terpuruk kecuali keluarga dan sahabat anda. Tapi kami tetap menghargai anda dan menghormati anda karena telah selangkah lebih maju dari kami.
Saat anda pamer mobil mewah anda dan motor anda ingatlah apakah itu kepunyaan anda sendiri atau masih punya orang tua anda, yang kaya itu "Orang Tua Anda" bukan "Anda". Tak tahukah anda betapa banyak orang-orang yang merasa kesal dengan anda disaat anda pamer punya motor bermerk dan dengan gagahnya mengendarainya sedangkan ia kadang untuk berkendara harus saling berbagi dengan adiknya atau orang tuanya yang hanya sekedar motor bebek biasa. Dan tahukah anda jikalau orang yang sudah mempunyai motor bebek biasa tetapi didapatnya dengan tetes keringatnya sendiri bahkan ia kadang harus merasakan keringatnya sendiri karena tak sempat menyapu wajahnya yang kusam, bahwa ia telah menang darii anda dihadapan orang-orang yang bijak dan orang-orang yang tau artinya perjuangan.
Disaat anda punya ilmu yang cemerlang dan anda dengan gampangnya berbicara "lagian siapa suruh goblok??" dan anda tidak berbagi apapun dengan mereka bahkan tak menjawab pertanyaan teman anda disaat ia tak tau..tak tahukah anda jikalau disaat itu orang yang anda sebut menyimpan rasa yang bisa  mengalahkan anda disaat-saat terakhir. Saya pernah mengalaminya dan saya sukses menyingkirkan mereka-mereka yang menganggap kami kelompok biasa dan tidak dapat diandalkan disaat Ujian Nasional dan Masuk SMA Favorit dikota kami, mereka dengan telaknya kalah dari nilai kami dan masuk SMA Swasta. disaat itu kami merangkulnya dan memberikan semangat, itu namanya persaingan sehat.
Berbagilah ilmu itu kawan karena disaat anda memberitahukan atau membagi ilmu anda bukan berarti anda akan kehilangan ilmu dan jangan takut tersaingi, disaat anda memberi tahu mereka berarti secara otomatis anda mengulang ilmu anda dan mengasah kembali sedikit demi sedikit pisau (ilmu) anda dan anda mendapatkan amal jariyah atau amal berantai yang tak terputus sampai kiamat kelak jikalau ilmu itu masih terpakai dan diteruskan ke orang lain.
Oh ya, Jangan pernah anda menilai seseorang dalam 1 Kilas atau Sekali lihat ataupun sekali sapa karena anda adalah mahluk paling memuakkan dalam pandangan saya.. Buruk dan Orang paling congkak.. ibarat buku anda hanya bisa menilai dari referensinya saja atau tulisan yang ada dibelakang buku dan cover buku tersebut tapi tak tahu isinya dan anda sedikit demi sedikit akan mual dengan buku yang anda nilai secara sembarangan dan kadang ada yang benar-benar bagus untuk tetap dibaca.
Kadang Buku yang sudah ditambal sekalipun mengandung ilmu yang sangat bermanfaat sama sepertinya peta harta karun, jelek petanya tapi tujuannya?? dicari oleh semua orang di seluruh dunia.

0 comments:

Mari budayakan komentar yang positif dan mohon kebijaksanaannya untuk tidak melakukan spamming. Jangan menyertakan link di dalam komentar, karena akan terdeteksi sebagai spam oleh google Life for sharing.