Tips Memilih Ubuntu

Monday, September 14, 2015 Widi Ramadhan 0 Komentar


Bagi yang baru di linux, kebanyakan komunitas pasti akan menyarankan anda untuk menggunakan ubuntu. Ketika anda memutuskan untuk menggunakan ubuntu dan masuk ke link http://releases.ubuntu.com/ ternyata ubuntu juga memiliki banyak sekali versi. Lalu mana yang harus saya pakai?

Begini tips yang bisa anda gunakan:


Desktop atau server?


Secara umum, Ubuntu terbagi atas dua macam yaitu Ubuntu Desktop dan Ubuntu Server. Untuk penggunaan biasa, tentu kita menggunakan Ubuntu Desktop.
Intel x86, AMD64, MAC AMD64?


Pada ubuntu desktop, terdapat versi PC (intel x86), 64bit PC (AMD64) dan 64bit Mac (AMD64). Semua itu berdasarkan komputer yang anda gunakan.

Ketika anda menggunakan komputer buatan Apple maka anda memilih 64bit Mac. Jika tidak, pilihan anda bisa pada Intel x86 (untuk prosesor yang tidak support 64bit atau memiliki ram kurang dari sama dengan 2 GB) dan AMD64 (untuk prosesor yang support 64bit dan memiliki ram lebih dari 2 GB).

Cara mengetahui prosesor yang anda gunakan support 64bit atau tidak bisa di lihat di website intel atau website amd. Walaupun memiliki nama intel x86 dan AMD64, bukan berarti hanya dikhususkan untuk merk tersebut tetapi kesejarah awal terciptanya 32bit dan 64bit. Contoh: Saya memiliki Intel i7 yang support 64bit dan ram 4GB, maka saya akan memilih PC AMD64.
Ekstensi file yang didownload

Setelah ditentukan, kita akan dihadapi lagi oleh nama yang sama dengan ekstensi yang berbeda. Pengalaman saya, saya hanya mempedulikan yang berformat iso, torrent dan file md5sums.

Saya akan mendownload file iso ketika menggunakan komputer yang tidak memiliki aplikasi torrent, kecepatan internet yang cukup, dapat diselesaikan saat itu juga atau sedang mendownload dari server lokal seperti kambing.ui.ac.id

Saya akan mendownload file torrent ketika menggunakan komputer yang memiliki aplikasi torrent dan saya tidak bisa menyelesaikan saat itu juga (torrent dapat di pause).

ketika sudah selesai, saya membuka file md5sums. Disana terdapat kode kode panjang nan aneh hasil proses md5. md5 sendiri adalah sebuah teknik yang memformulasikan bit bit pada file menjadi serangkaian kode. setiap file memiliki kode md5 yang berbeda beda. Jika kita melakukan perintah md5sum pada file download kita dan menampilkan kode yang berbeda dengan yang ada di file tersebut, maka dapat dipastikan file yang kita download corrupt ( file tersebut berbeda dengan yang diupload) dan jangan digunakan. Pelajari lagi MD5

=========================================

Begitu tips memilih versi ubuntu yang cocok untuk anda, maaf atas segala kesalahan dan kekurangannya.

Tambahan:

Terkadang ada juga yang merekomendasikan kubuntu, lubuntu dan xubuntu. Sebenarnya keempat distro tersebut (bersama ubuntu) adalah sama. Hanya desktop environtment ( DE / Secara gampang: tampilan) dan beberapa aplikasi bawaan mereka saja yang berbeda. Ubuntu menggunakan tampilan Unity, Kubuntu menggunakan KDE, Lubuntu menggunakan LXDE, dan Xubuntu menggunakan XFCE.

Lalu kapan saya menggunakan mereka?
Jika kamu ingin gak neko neko dan mengikuti user kebanyakan gunakan Ubuntu.
Jika kamu ingin memiliki tampilan yang bagus ( sebenarnya yang lain juga bagus) tanpa banyak oprek serta komputer yang kamu gunakan termasuk baru gunakan Kubuntu
Jika kamu menggunakan komputer lama atau ingin cepat dan ringan, gunakan Xubuntu atau Lubuntu

Sejauh pengalaman saya, dari 4 distro tersebut saya baru menginstall Ubuntu dan Lubuntu.

0 comments:

Mari budayakan komentar yang positif dan mohon kebijaksanaannya untuk tidak melakukan spamming. Jangan menyertakan link di dalam komentar, karena akan terdeteksi sebagai spam oleh google Life for sharing.