Ceritaku : Blog

Friday, February 24, 2012 Widi Ramadhan 2 Komentar


Awal gue buat blog ini si cuman iseng-iseng aja. bosen sama yang namanya facebook, twitter dan sosial network lainnya. gue pengen berkreasi lebih dalam, dalam pembuatan website sendiri. emang si sewaktu sekolah SMA dulu udah pernah diajarin cara membuat blog dan mengoprasikan html. tapi ya dasar namanya anak SMA pasti yang ada dipikirannya maen. apalagi gue yang berprofesi sebagai atlit gamers wkawka yang ada dipiran gue ya cuma game online haha. Blog ini pun hasil pembuatan dari jaman SMA. dulu Pak Yusfi selaku guru komputer di kelas 2 SMA menyuruh para murid untuk ngebuat website sendiri. awalnya si kami cuma diempanin ilmu html. dan baru sekarang gue tau kalo tuh ilmu sangat berguna dalam membangun sebuah blog. nyesel gue dulu ga nyimak malah buka fesbuk. lalu kami sebuah disuruh buat sebuah website pribadi di website yang menyediakan pembuatan website gratis seperti blogger/blogspot, wordpress dll. dan kebetulan juga Pak yusfi mengadakn lomba blog di sekolah gue. dulu si gue nganggepnya santai-santai aja, ga terlalu ngarep ikut dan menang. jadi ya bikin mah bikin aja. ga tau tuh siapa yang jadi pemenang hahaha soalnya setelah gue bikin blog ini gue ga ngurus lagi. maklum lah namanya juga anak SMA, blum bisa beli modem sendiri. tiap mau browsing harus di lab sekolah atau warnet. di warnet juga sayang kalo dipake buat browsing, mending buat maen game online dan naekin levelnya hahaha dasar pemikiran anak SMA.


nah sewaktu gue udah punya modem dan laptop itulah gue mulai tertarik dengan website sendiri. memang si dulu gue masih nganggep blog itu cuma website yang dibikin semenarik mungkin yang diberi widget-widget cantik agar terkesan enak dipandang. tapi gue males tuh untuk buat blog lagi. mungkin karena gue tipe orang yang ga mau ngeliat sesuatu yang sia-sia makanya gue nyari-nyari email dan password blog gue yang pernah dibuat waktu SMA yang tamat tertelan oleh waktu. berbagai software gue kerahkan untuk ngehack email yang dulu. sempet patah arang juga si sebenernya, tapi yang namanya kepengen banget mah udah susah diilanginnya. beberapa hari kemudian gue lupa tuh sama keinginan gue buat bikin blog hahaha mungkin karena emang gue orang yang bertipe melankolis yang cuma ada kemauan sesaat doang kali ya. iseng-iseng tuh pada suatu hari gue buka friendster gue. wahhh, keliatannya udah kusang begini dan berdebu, banyak karya seni yang dibuat laba-laba di friendster gue hahaha. Tanpa disadari tiba-tiba gue liat email friendster gue. ohhhh shiiiittt. Baru gue sadarin ternyata gue salah masukin email waktu mau log in ke blog. gue lupa kalo email friendster dan blogger itu sama hahaha. langsung dengan cepat dan kilat gue buka new tab dan memasukan alamat www.blogspot.com sesaat gue log in dan........(penuh harap) ttaaaaarrrrraaaa ternyata masih bisa hahaha ya walaupun agak lama karena gue harus ngeaktifin email gue dulu yang udah gue tinggal dua tahun lebih hahaha. mulai dah tuh gue buat postingan-postingan dan menambahkan widget-widget seperti jam maupun kalender. ga lupa juga gue selalu mempersiapkan google untuk nyari artikel-artikel menarik untuk di copas. tapi suatu hari gue mengunjungi blog temen gue dan disitu dia menulis postingan yang berjudul "please say no to copy paste" iseng gue ngeluangin waktu sejenak untuk baca artikel tersebuat dan ada kata-kata yang begitu menampar gue ! begini kata-katanya "sebuah blog lebih bagus kalau bukan dari hasil Copy Paste semata tapi sebuah pemikiran original yang memang sedikit lebih susah dan jarang menghasilkan postingan yang banyak tapi tentunya anda lebih puas dan lebih menghargai blog anda sendiri dengan segala posting yang anda isi dengan original". sempet berfikir gue makna dari kata-kata itu. iseng lagi gue buka website-website orang. disitu gue nemuin kata-kata "untuk menghargai sesama blogger, cantumkan sumber saat copy paste". karena udah terlanjur banyak postingan gue hasil copas nah jadi gue harus selalu nyantumin sumbernya setiap membuat postingan baru. yaaaa walaupun kadang gue lupa hahahaha :D

Satu pelajarn buat gue "hargailah dulu orang lain bila kita ingin dihargai oleh orang lain". Blog itu bukan semata untuk kesenangan pribadi, tapi juga bisa untuk berbagi manfaat kepada pengguna internet :)
semoga artikel ini bermanfaat buat kalian yang akan membuat sebuah website sendiri. salam blogger :)

2 comments:

  1. aku pngn bkin blog yang template'y Lbih manarik lgii,.tp aku ga tau cra'y nie.:-(

    ReplyDelete
  2. download template yg diinginkan, kemudian masuk ke halaman admin blog, lalu pilih template -> pilih cadangkan/pulihkan -> unggah. upload template yg tadi di download. semoga bisa membantu :)

    ReplyDelete

Mari budayakan komentar yang positif dan mohon kebijaksanaannya untuk tidak melakukan spamming. Jangan menyertakan link di dalam komentar, karena akan terdeteksi sebagai spam oleh google Life for sharing.