Tips Cerdas Memakai Facebook

Friday, February 24, 2012 Widi Ramadhan 0 Komentar



Tips Cerdas Memakai Facebook

Seperti yang kita ketahui, Facebook bisa membuat kita melotot di depan monitor, lupa waktu dan akhirnya banyak hal penting tidak kita selesaikan gara-gara Facebook.

Selain itu, Facebook juga bicara tentang image. Bagaimana Anda "berperilaku" di Facebook akan menciptakan image seperti apakah Anda di mata orang-orang dunia maya.

Nah, inilah 3 langkah cerdas dalam ber-Facebook ria:

1. No CURPRI
Jangan jadikan status sebagai ajang curhatan pribadi. Terutama curhatan marah-marah, misalnya "dasar orang bego! Gitu aja diributin!" nah... maksud hati cari pembelaan dan melepaskan emosi, namun yang ada justru berkesan Anda cari perhatian dan tidak bisa mengontrol emosi.

Kalau curhat, lebih baik dilakukan via sms atau bbm atau YM atau message keteman-teman Anda. Karena status bisa dibaca semua orang.

Apalagi kalau curhat saat berantem sama pasangan. Menyindir atau menjelekkan pacaran di wall artinya membuka aib keburukan hubungan Anda sendiri.


2. Buat Wall Anda bermanfaat
Jadikan wall Anda bermanfaat juga untuk pihak lain. Misalnyadengan upload gambar2 inspiratif. video2 bagus. notes2 bermutu dan status-status yang berkualitas.

Jika wall Anda berkualitas, maka orang-orang yang menghampiri account Anda juga orang berkualitas. Jika wall Anda berisi sampah, maka orang-orang yang bertipe seperti itu juga yang akan menghampiri account Anda. Dan dengan siapa Anda dikelilingi menentukan seperti apa hidup Anda!

3. No SARA
Jangan gunakan FB sebagai ajang menghina, menyerang, dan menjelekkan pihak lain. Terutama hal yang berbau SARA. Jika Anda ingin mempublikasikan komplain terhadap sesuatu, pastikan masih dalam koridor bahasa yang layak dikonsumsi publik.

Ingatlah, bahwa FB sudah menjadi area sosial publik. Bukan lagi area privat Anda. (kecuali kalau Anda set semuanya serba closed). Artinya, semua yang Anda lakukan di FB bisa dilihat banyak orang. Bayangkan aja Anda maki2 orang di pinggiran jalan Sudirman, semua orang lihat dan dengar Anda. Nah, seperti itulah kalau Anda melakukannya di FB.

Kecuali Anda orang yang tidak punya kendali atas emosi diri-sendiri, tentu Anda tidak mau terlihat konyol begitu bukan?

Nah ,mari kita membayangkan kalau seluruh facebook di Indonesia berisi hal positif contoh :
"Wow dahsyat hari ini berkat yang Tuhan berikan begitu membuat masalah saya terselesaikan!" ,

"Hari ini gua beda pendapat dgn pacar gua, tapi gua belajar kalau cinta diciptakan Tuhan untuk menyatukan perbedaan^^"

"Hari ini nilai ujian gw jelek, gak masalah!Kegagalan adalah SUKSES yang tertunda!"

"Penundaan adalah awal dari sebuah kegagalan.Mari , ACTION SEKARANG JUGA untuk kehidupan yang berbeda!"

"Ucapanmu adalah DOA mu. Karena Tuhan Maha Kuasa, maka Tuhan Maha Mendengar dan Melihat, betul? Jadi Tuhan bisa nggak liat status teman2 ? YA BISA LAH!..."

Gimana menurut teman2 ?Setuju nggak kalo kita manfaatkan facebook ini untuk jadi berkat buat orang lain?

Semoga artikel ini bisa membantu untuk teman-teman semuanya dan semoga bermanfaat ^^.



0 comments:

Mari budayakan komentar yang positif dan mohon kebijaksanaannya untuk tidak melakukan spamming. Jangan menyertakan link di dalam komentar, karena akan terdeteksi sebagai spam oleh google Life for sharing.