All About Asisten Instruktur - Part III : Semester Kedua

Wednesday, January 27, 2016 Widi Ramadhan 0 Komentar




DRRT DRRT… DRRT DRRT… DRRT DRRT… begitulah suara handphone yang bergetar  yang sedari tadi males gue tengok karna lagi sibuk ngegame

“ah elah apa si itu, paling BC BC ga jelas… Mama minta cucu lah, eh maksudnya mama minta pulsa -_- maap mamah gue udah ngebet banget soalnya wkwkwk“ <-- ini boongan kok -_-

Barulah gue tengok setelah kata-kata GAME OVER terpampang jelas didepan mata gue, oh ternyata dari grup Asisten Instruktur BSI Bekasi, pantesan rame ternyata disana lagi ngebahas siapa-siapa aja yang nantinya akan lanjut jadi asdos setelah melewati tahap evaluasi. Ada beberapa asdod yang ga lanjut karna mungkin memang akan sibuk nantinya jika ngajar sambil ngerjain TA dan ada juga yang di kick secara paksa karena mungkin kinerja nya belakangan ini. Gue coba liat daftar nama-nama disana dan ternyata ga ada nama gue T___T


Kemudian gue coba tanya PJ (Penanggung Jawab) asdos via whatsapp

“Assalamualaikum, ka apakah saya di lanjut jadi asisten?”
Dikirimin gambar…
Gambar fotonya lagi selfi manyunin bibir kembungin pipi dengan jari di tempelin ke mulutnya…
Ternyata salah kirim….
“Itu nama kamu ada kok di list nya”
“mana ka?”
“itu Widianto…”
“oh itu nama saya ka? Saya kan pake ‘Y’ -_-“
*kemudian di lempar mba-mba cantik yang nelpon itu*

Hahaha, gue dilanjut kok. Alhamdulillah deh, akhirnya pada hari itu juga gue disuruh ke kampus untuk tanda tangan kontrak lagi. Set set set.. dengan cepat gue tanda tangani kontrak itu. Lega deh perasaan, gue ga perlu khawatir soal TA, karna di semester 5 kemaren gue udah bergelut sama TAshit itu jadi untuk semester 6 ini gue bisa fokus ngajar. Masih dalam suasana liburan, ternyata gue disuruh dateng ke kampus untuk brifing acara wisuda. Yap, disini asdos yang lanjut dipilih untuk jadi panitia wisuda, wah kesempatan banget nih jadi kan gue bisa tau gimana wisudaan gue nanti wkwkwk. Gue dipilih jadi paskibraka, paskibraka?? Apa yang lu pikirin?? Pasti sama kaya gue… berdiri di tengah lapangan kan? Anjayyy, udah kece gini disuruh berdiri di tengah lapangan macem anak SD di setrap aja wkwk ternyata pikiran gue dan lu lu pada salah, paskibraka di acara wisuda cuma buat nyambut dewan-dewan BSI aja.

Oke skip skip…

Berlanjut ke agenda selanjutnya, gue dapet pesan untuk datang ke BSI Salemba 22 untuk agenda asisten Perkenalan dan pengenalan. Oh iya, semester kemaren gue ga ikut karna gue disuruh dateng pas pelatihan hari kedua sama si mba-mba cantik itu, masih inget kan? jadi ini pengalaman pertama kali gue ya walaupun sebenernya sama aja si kaya Evaluasi kemaren paling cuma dengerin orang-orang ceramah.

Seperti biasa, para asdos pada sibuk ngatur rencana untuk berangkat kesana. Ya gue sebenernya tau mereka pada mau naik kereta ke tempat tujuan seperti biasanya, tapi gue engga ikut. Kenapa? Ada beberapa alesannya, yang pertama kita disuruh ngumpul jam 06:30 karna akan naik kereta yang akan berangkat jam 07:00. Wtf !!! pergi ke kampus 07:45 aja masih sering telat gue -_- makanya gue putusin buat naik motor, cuma Jakarta… paling cuma 1 jam aja jadi gue bisa berangkat jam 8an karna acara dimulai jam 09:00..

Meluncurlah gue kesana, ternyata gue dateng paling cepet daripada yang lain -_____-
Yaudah akhirnya gue gabung sama asdos dari BSI lain dan horornya mereka semua cowok aazzzz T__T ga lama kemudian akhirnya temen-temen gue pun dateng, cuma beberapa yang gue kenal karena sisanya adalah asdos baru. Acara berjalan singkat karna hari itu adalah hari jumat jadi kepotong oleh jumatan. Setelah jumatan gue pun meluncur pulang.

Hari-hari berikutnya adalah hari dimana gue jadi panitia wisuda, ga rugi juga si karna udah dapet makan, dapet duit, bisa foto sama artis, bisa tau juga gimana rasanya wisuda hahaha. PJ kita yang sekarang agak sedikit gaul, agak ya. Seremnya ngancemnya itu sks T__T wkwkwk ga boong kok *peace mak indy :p*

Iya, PJ kali ini orangnya enak gampang gaul sama asdos-asdos lain jadinya kita ga kaku deh. Yang pertama masih Ka Niar dan yang satunya Ka Rindiantika. Biasanya si kita manggilnya mak indy wkwkwk emang udah kaya emak-emak kok tampangnya eh engga deng bisa musnah sks gue ntar -_-
Semua jadi cepat akrab, mulailah pelatihan seperti biasanya. Beda dengan semester kemaren, pelatihan sekarang cuma diadakan 2 hari aja. Hari pertama kita belajar Zahir, ya walaupun gue ga begitu ngerti zahir tapi ikut ketawa-ketawa aja kalo yang lain pada ketawa gara-gara pada ga balance wkwkwk, ga ada yang menarik soal zahir, di hari berikutnya kita belajar tentang Web Programming II tentang keranjang belanja, disitu gue tertarik banget karna web mata kuliah yang paling gue kuasain :p

Ah terasa begitu cepet selama masa-masa pelatihan ini, udah masuk ke hari pertama gue ngajar di semester kedua gue jadi asdos aja. Di semester ini gue di pasangin kebanyakan sama asdos-asdos baru. Di hari senin partner gue si Bewok (baca : Fiendra) kemudian jam selanjutnya Ka Eni dan Manza. Di hari selasa sama Desty, Manza, dan Yudith, di hari Jumat sama Desty. Semester ini gue kebagian banyak banget mata kuliah Web Programming II. Tentu aja ini buat gue semangat, tapi engga buat mahasiswa nya wkwkwk karna emang keliatan sulit buat yang baru belajar apalagi web ini full coding.

Yang namanya pekerjaan pasti cape, di hari senin dan selasa tenaga gue di porsir abis-abisan. Senin gue berangkat paling pagi dan pulang paling malem, trus besoknya selasa gue harus masuk pagi lagi dan pulang malem lagi. Pernah waktu itu gue pulang langsung tepar di kasur dan tidur. Yap, mungkin itu biasa. Tapi yang buat ga biasa gue tidur masih bawa tas, pake jaket, pake kaos kaki wkwkwk saking lelahnya mak demi cita-cita anakmu mak.

Selasa. Terdengar seperti hari biasa buat semua orang. Tapi di hari itu adalah hari yang bikin semangat pagi gue naik 80%, walaupun cape seninnya harus pulang malem dan berangkat pagi tapi di hari ini gue tetep semangat, kenapa? Karna di hari selasa pagi gue ngajar kelas akuntansi semester 4 dan lu tau? Bening-bening brooo wkwkwkwk

Di semester kedua gue jadi asdos ini masih sama aja kaya semester pertama, monoton. Kurang interaksi sama temen-temen asisten karna ya abis ngajar biasanya ya langsung pulang. Di semester ini gue sempet bingung harus kemana kalo ada jeda waktu ngajar yang lama banget. Contohnya gue ngajar dari 10:45-13:45 kemudian gue ada ngajar lagi jam 18:30-21:15. Mau pulang nanggung, mau dikampus tapi dimana, alhasil gue setia jadi penunggu perpus -__-‘

Di perpus orang pada sibuk ngerjain TA gue malah ngegame. Haduh pokoknya bête bener lah. Di semester kedua ini gue ga ngajar kelas sendiri lagi, yang ngajar kelas gue si Manza dan Ka Dini. Di kelas, gue harus nunjukin full skill yang gue punya :v kebetulan itu adalah matakuliah Web Programming II kadang gue ngerjain soal yang dikasih ataupun kuis dan uts uas cuma butuh waktu 10-15 menit doang, wih sombong bener gue ini wkawkawka, bukan sombong, tapi di sini gue punya motivasi tersendiri karna gue sebagai asleb juga. Di kelas mau gamau gue harus bisa lebih dari mahasiswa lainnya. Karna apa? Ya karna gue aslab. Itulah motivasi gue. Walaupun gue ga pernah belajar tapi seengganya gue unggul kalo di mata kuliah praktek wkwkwk

Semester kedua pun berjalan begitu cepat karna ga terasa gue ngajar sekaligus bimbingan TA dan ngebantu temen-temen yang kesulitan ngerjain programnya. Ada kebanggan tersendiri disini, gue coba buka kelas belajar Web diluar jam mengajar. Untuk apa? Untuk ngebantu temen-temen gue yang kurang bisa menjadi bisa. Kadang kita lakuin seminggu sekali. Dan alhasil ancur wkwkwk karna waktu belajar malah dipake untuk ngemil dan bercanda-canda wkwkwk engga lah seengganya ada beberapa temen gue yang jadi lebih ngerti.

Semester ini bener-bener cape buat gue, bukan cuma cape tenaga dan pikiran, tapi cape hati juga #ciecurhat. Iya, hubungan gue sama si doi lagi dilanda masalah yang berkepanjangan. Duh ilah gayanya wkwkwk kadang disini gue jadi sering ga fokus se ga fokus-fokusnya. Trus....

.....
.........
.............
................
....................

ciee kepo wkwkwk
bicara soal kepo, ada satu dosen disini yang bener-bener kepo banget sama gue wkwkwk, pak Hendry namanya. orangnya saik banget, serba bebas sama doi. saking keponya pernah waktu itu gue ngerasa kaya lagi di sidang olehnya, bak seorang maling yang sedang mencuri sabun. Entahlah kenapa harus sabun coba -_-

"Pacarmu orang mana wid?"
"lah bapaknya kepoooo wkwkwk"
"cakep ga? di kelas ini ada ga yang lebih cakep?"
"ada kok pak yang onoh"
"yang mana?"
"onoh noh yang onoh" padahal gue lagi ngerjain dia
"yang manaaaaaa? -___-" dan sampe sekarang dia pun masih penasaran wkwkwk padahal kan lagi gue kerjain.
Ya kadang gitu lah bercandaannya. Pokoknya semester ini juga ga kalah asik kok sama semester sebelumnya, pengalaman yang gue dapet juga lebih banyak karna disini gue jadi asdos yang harus ngebimbing dan nyontohin ke asdos-asdos yang baru asik dah. Soal mahasiswa? masih sama kaya semester pertama, paling puyeng kalo dapet kelas yang berisik banget wkwkwk. Tapi se-ga asik-asiknya itu kelasi, semua tergantung dari cara kita mengajar.

"Jangan harap kelas jadi menyenangkan jika pengajarnya tidak menyenangkan
"
-plato-

0 comments:

Mari budayakan komentar yang positif dan mohon kebijaksanaannya untuk tidak melakukan spamming. Jangan menyertakan link di dalam komentar, karena akan terdeteksi sebagai spam oleh google Life for sharing.