All about Asisten Instruktur - Part II : Semester Pertama

Monday, January 25, 2016 Widi Ramadhan 0 Komentar


Hari pertama ngajar pun tiba, dengan motivasi "Gue asisten lab, gue harus bisa lebih dari mahasiswa lain. Mahasiswa lain bisa, gue harus lebih bisa !!!" intinya si gitu motivasi yang ngebuat gue bisa berkembang seperti sekarang.

Masih inget banget saat itu partner gue adalah Ka Dita, Ka Fikka, Ka Meilan. Karna gue aslab baru jadi cuma dikasih jadwal ngajar dikit T___T. Gue ngajar C++ dan Web Programming I sama ka Fikka di hari selasa, kemudian VB I dan C++ sama Ka Dita di hari rabu, lalu Web Programming I di hari jumat sama si Meilan. Semua tanpa kendala berarti.


Untunglah, matakuliah yang gue dapat ini adalah matakuliah yang bener-bener gue unggul jadi ketika partner gue ga bisa gue dengan senantiasa ngebantunya dan begitu juga sebaliknya. Hari-hari berasa begitu melelahkan, karna disini gue harus ngajar sambil kuliah tapi seru si disini gue jadi bisa tau berbagai karakter orang yang ga lain gue pelajari dari berbagai macam spesies mahasiswa wkwk


Pernah suatu ketika dosen yang ngajar bareng gue berhalangan hadir, disini gue harus berani ngebuka sesi mengajar. “Duh harus gimana ya ngebuka nya?” batin gue yang bener-bener bingung saat itu
Apa harus bilang gini…

“Selamat pagi” ah terlalu klasik
“Pagi mahasiswa seantero BSI” ah terlalu lebay
“Ini udah pagi ya?” apalagi ini bego banget kesannya., tapi beneran ini kepikiran saat itu.

Jadilah gue buka kelas mengajar sangat kaku sekaku-kakunya wkwkwk 

Oh ya, ada hal lucu saat ngajar kelas sendiri. Kenapa? Karna gue udah kenal sama mereka-mereka jadi mereka juga tau gimana gue dan paling sering dapet cengan waktu itu. Contohnya pas main futsal sekelas

“Awas woi widi mau nendang, kasih gol biar nilai lu dapet A” kan kamprettt !!!
“Wah parah lu ngegebok si Widi, udah wid kasih D aja” sueee…..

Hahahaha, ga jarang juga pas nongkrong atau pas jalan bareng gue selalu kena cengan hal-hal sepele. Kadang ada juga yang nanya tentang asdos lain seperti

“wid, itu asdos yang putih kecil itu siapa namanya?”
“wid, punya pin nya ga lu?”
“wid, bayarin gue makan dong” wkwkwk

Ya begitulah, disini gue harus bisa ngatur waktu antara kuliah, ngajar, nyiapin materi, dan pacaran. Wkwkwk ya untung aja waktu itu pacar gue orang Jakarta jadi paling cuma beberapa kali dalam seminggu untuk ketemu.

Lama kelamaan gue bener-bener pede jadi asdos, karna disamping gue paham semua materi yang dikasih gue juga jadi terbiasa benerin coding yang dibuat mahasiswa. Pernah kepikiran gini

“What??? Lu yang ngoding, gue yang benerin !!! wtf”

Hahaha, disitulah letak tanggung jawab dan kerja asisten. Saat mereka salah jangan sesekali kita benerin codingnya tapi kasih tau dimana letak yang salah dan coba biarkan mereka yang benerin sendiri, gue cuma kasih sedikit clue aja ya walaupun kadang sedikit gregetan.

Semester ini gue ngajar rata-rata kelas A dan kelas B. 1A, 1B, 3B MI, 3B KA, 5A, 5B asal jangan 36B aja *gue masih polos kaka*. ngajar kelas A dan kelas B itu sesuatu banget buat gue yang akhirnya tulisan ini bergaya ala syahrini, yap, udah jelas mahasiswa kelas A dan kelas B ini tentu aja mahasiswa saringan semua, udah pasti pinter-pinter dalam hal bertanya maupun menjawab. Disini adrenalin gue tertantang dan jelas gue bisa makin berkembang. sesuai motivasi gue, gue harus lebih bisa dari yang mahasiswa biasa bisa.

Sedikit bicara soal mahasiswa, disini banyak banget mahasiswa yang punya bibit untuk berkembang. Di semester ini bahkan gue cuma akrab sama mahasiswa yang sering bertanya aja dan mahasiswi yang cantik-cantik tentunya wkwkwk. Pengalaman gue jadi asleb di semester pertama ini banyak banget. Kadang kita harus sabar ngadepin mahasiswa yang berisik, di galakin dikit ngelunjak, didiemin malah makin berisik. Udah sewajarnya para pengajar seperti gue menciptakan suasana yang enak untuk mengajar, asik. Biasanya gue ngajar sambil bercanda biar mahasiswa ga terlalu tegang-tegang banget. Ngebantu mahasiswa untuk benerin coding yang sebenernya merelah yang ngebuat coding itu rumit dengan cara bercanda seperti… 
“Ka, ini kok aku salah ya?”
“Masa si salah? Kan cewe ga pernah salah…” krik…krik…krik…
Masih tentang mahasiswa, kadang gue harus menahan naluri kelelakian gue untuk memandang mahasiswi yang bener-bener cantik banget. Satu prinsip gue waktu itu “Gue udah punya cewe, ga ada yang perlu dicari disini” saik kan wkwkwk, tapi tetep aja curi-curi pandang dikit mah gpp kan? Wkwkwk

Kadang gue juga suka gugup sendiri kalo di modusin mahasiswi itu sendiri, ibarat begini salah begitu salah. Mau nyengir tapi malu, mau biasa aja tapi udah kegeeran wkwkwk. Ya begitulah kira-kira bonus jadi asdos wkwkwk

Oke lanjut, enaknya jadi asdos ya gini. Selain kita bisa cari pengalaman dalam hal mengajar, kita juga bisa dekat dengan para dosen, kita juga jadi lebih ngerti mata kuliah, bonusnya ya dapet modusan tiap hari dari mahasiswi-mahasiswi kece wkwk. Ga enaknya? Ya paling ngadepin mahasiswa yang bener-bener ga ketulungan, apalagi semester 1 yang notabene nya baru keluar dari bangku sekolah pasti darah remaja nya masih bergejolak.

Semester ini ditutup dengan evaluasi tentang kinerja aslab selama 1 semester, sebenernya si gue cuma ditanya ini itu aja, kaya kendala-kendala apa aja dll, dan kalo beruntung gue bisa lanjut masih tetap sebagai aslab di semester berikutnya. Ga lupa juga selalu ada sesi evaluasi di Salemba 22 yang diadakan di akhir semester dan tentunya acara tuker kado.

Di acara tuker kado ini gue bener-bener bodoh ! kenapa? gue tau, dan gue denger kalo kado nya harus dibungkus dengan koran. Tapi gue ngebungkusnya pake kertas kado. Biar terkesan rapih dan elegan gitu wkwk. tapi semua itu jadi bumerang buat gue sendiri, berasa jadi anomali itu kado gue dengan kostum yang berbeda. kasian ya, maafin aa ya do, aa ga ada maksud buat kamu berbeda dari yang lain T_T

Oh ya, di acara ini tiap kado di kumpulin di depan kelas dan di kasih nomor, nanti para asisten lab dan instruktur ngambil kertas yang berisi nomor dan nomor itu nantinya di cocokin dengan kado yang di dapet. Akhirnya gue disuruh maju ke depan dan dapet hukuman karna kado gue beda sendiri, "untung kado gue barang mahal (sedikit sombong wkwk) jadi orang yang dapet kado dari gue pasti tau itu dari siapa" batin gue, coba barang murah bisa turun image gue wkwkwk.

Hukumannya gue disuruh joget sama bu Icha, what??? joget??? gile cowo kece kaya gue harus joget wkwkwk dan terpaksa gue nyerah, kemudian gue disuruh nyanyi, akhirnya gue nyanyi. begini... ehem ehem.. tes tes...

Tak akan terlupakan akan selalu teringat...
senyummu (cewe cantik yang itu. yang mana?) yang mampu hapuskan gelisah ku rasakan mengganggu
ku ingin kau disini....
 Asik.. gimana? udah pada mual belum? ya begitu lah kira-kira akhir dari semester pertama gue jadi asdos. cerita ini masih berlanjut....

- To be continued -




0 comments:

Mari budayakan komentar yang positif dan mohon kebijaksanaannya untuk tidak melakukan spamming. Jangan menyertakan link di dalam komentar, karena akan terdeteksi sebagai spam oleh google Life for sharing.