All About Asistent Instruktur - Part I : The Begining

Monday, January 25, 2016 Widi Ramadhan 0 Komentar



Malam itu berbeda dengan malam biasanya, langit hitam seakan lebih cerah dari biasanya membuat senyum yang sedari tadi tertahan di wajah gue ikut mengembang setelah mengingat kejadian beberapa menit lalu…


Ada apa dengan beberapa menit lalu?

Beberapa menit lalu....
DRTTT..DRTTT…DRTTT suara handphone yang bergetar tak henti-hentinya karena memang handphone itu selalu gue silent yang membuat gue penasaran untuk melihat siapa yang menelpon malam-malam gini. +6221blablabla. Hah? Nomor siapa ini? Lalu dengan perasaan was-was gue angkat itu telepon karena emang saat itu gue takut…

Takut kalo yang nelepon bilang “Nak, ini bapakmu… bapakmu lagi di kantor polisi tolong transferkan pulsa sekian-sekian” alah apa ini !!!

Takut kalo yang nelepon bilang “Anakmu saya culik, saya minta tebusan sekian-sekian” wtf gue belom punya anak !!!


Pikiran itu memang ada, tapi kenyataan berkata lain


“Apa ini Widiyanto Ramadhan yang kece itu?”
“iya betul tapi…”
Alah ga ada percakapan kaya gini…
“Apa ini Widiyanto Ramadhan?”
“Iya betul ini siapa ya?”
“ini dari Badan Pelatihan Bina Sarana Informatika mengundang saudara untuk interview di kampus masing-masing”
“hah? Interview apa nih mba?”
“interview untuk menjadi Asisten Lab”
“oh gitu, terus apa aja yang perlu saya persiapkan?”
“blablabla….”


Begitulah kira-kira percakapan gue dengan mba-mba cantik di seberang sana (tau darimana?). Akhirnya gue pikir-pikir lagi deh tawaran itu. Sempet kaget bahkan shock, karena prestasi gue di kampus emang bener-bener ga memadai buat jadi seorang asisten lab atau sebutan lainnya asisten dosen atau asdos. Gue pun ga begitu ngerti tentang Asdos itu, karena selama kuliah ini gue ga terlalu mikirin siapa pengajar gue, apa latar belakangnya. Gue kira yang pake baju item putih itu karyawan, ternyata itu mahasiswa -___-

Sempet dulu pernah deket sama salah satu asdos wanita tentunya di semester satu, berawal dari nanya mata kuliah sampe berujung sedikit modus (engga, ini boongan kok) tapi gue ga pernah tau kalo dia juga seorang mahasiswa *gubrak*. Oke oke lanjut, Tahun ini gue telah selesai di semester 4 dan mulai naik ke semester 5, akhirnya tawaran itupun gue terima dan sedikit cari info di internet sebelum interview.

Waktu interview pun tiba, yang datang hanya 3 orang termasuk gue sendiri. 1 cowo dan 1 lagi cewe. Gue langsung disuruh isi form untuk data diri. Ada hal yang menarik disini, di form tersebut tertera pilihan sebagai berikut.


Apakah anda siap ditempatkan di cabang mana saja?


Menurut artikel yang pernah gue baca, ini hanya pertanyaan jebakan. Jawab aja “Ya”. Oke, akhirnya gue jawab dengan mantap Ya. Dan akhirnya gue serahin lagi form tersebut ke pihak ADM kampus dan beberapa menit kemudian nama gue dipanggil untuk interview. Waktu itu gue di interview sama Bu Icha yang tampangnya emang bikin mahasiswa sedikit horror, Bu Niar, dan Bu Sari.


“Siapa namanya?” Tanya bu icha
“Widiyanto Ramadhan biasa dipanggil widi bu” ini tips ya untuk yang mau interview, ketika ditanya nama usahakan buat si penanya ga lagi bertanya hal yang berulang. Misalnya namanya siapa? Nama panjangnya? Nama clan nya? (lu pikir ini Naruto !!)
“Kenapa kamu mau jadi asleb?”
Hah? Wtf !!! kan gue di telpon suruh dateng….
“Engg.. Engg.. saya mau cari pengalaman bu”
“Sebelumnya udah pernah bekerja?”
“udah bu di PT ******* terus lanjut kuliah bu”
“Oh, gini gini.. jadi asleb itu pendapatannya kecil loh dibandinginn kerja kamu dulu. Apa kamu masih mau bergabung?”
“masih bu, saya disini mau cari pengalaman” jawab gue kaku sekaku-kakunya. Ya jelas, si mba-mba cantik semalem nelpon katanya ini undangan kenapa gue ngerasa kaya dijebak gini wkwkwk
“Udah tau system pendapatannya gimana?”
“Belum si bu hehehe”
Blablablablablablablabla
“Eh tunggu…tunggu…tunggu… ini kamu beneran siap ditempatin dimana aja?”
DEGGG !!!!
“iya bu saya siap”
“Nah kalo kamu ditempatin di Surabaya kamu beneran siap? Gimana kuliah kamu?”
“Eng…. Hehehehe” jawab gue cengengesan.


Sejak hari itu, gue tau JANGAN PERNAH PERCAYA SAMA ARTIKEL KAMPREET !!!!!
Selesailah waktu interview gue yang kira-kira makan waktu 15 menit dan akhirnya gue pulang kerumah dengan perasaan lega. “Bodo deh ah, kampret banget itu mba-mba cantik yang nelepon. Gue kira karna undangan gue bakal diperlakuin istimewa…” batin gue.

Sesampainya dirumah gue langsung melanjutkan waktu tidur gue yang kepotong karna tadi harus berangkat pagi-pagi untuk interview. DRTT…DRTT…DRTT… lagi asik-asiknya tidur tiba-tiba handphone bergetar tanda telepon masuk dan ternyata itu dari BSi.


“Ya, halo assalamualaikum”
“walaikumsalam, benar ini dengan saudara Widiyanto Ramadhan?”
“iya benar mba, ada apa ya saya udah bayaran semester kok” ga !! ga gini !!
“Untuk tanggal sekian dateng ke kampus ya mas untuk mengikuti pelatihan pake baju item putih dan dasi item dan jangan lupa sepatu pantopel juga”
“oh, iya mba. Tapi… jadi saya ke terima nih mba jadi asleb?”
“iya keterima, nanti sekalian tanda tangan kontrak di kampus ya”
“oke oke mba”
“yaudah jangan lupa makan ya mas, jangan tidur malem-malem, luph you :*”
“luph you too cuyunk”
*Abaikan percakapan terakhir*


Lanjut ke hari dimana pertama kali gue ikut pelatihan, disitu gue udah rapih dan siap untuk ikut pelatihan dengan bermodal tanya-tanya ke asdos gue di semester 4 via bbm. 

“Pelatihan itu cuma belajar bareng kok, ga di tes satu-satu. Pokoknya seru deh” itu kata-kata termanis yang pernah gue dapet dari ka asdos di semester 4 gue yang gue bener-bener lupa namanya wkwk dan saat itu jug ague bener-bener ga suka sama kata-kata manis karna kenyataannya berbeda wkwkwk

Waktu dijalan ke arah kelas gue berkenalan sama calon asdos juga, namanya Oji. Dari situ gue sama dia cepet akrab, berhubung dia juga baru semester ini jadi asdos jadi ya sama-sama belum tau apa-apa. Waktu masuk ke ruangan pelatihan semua orang ngeliatin gue dan pada kebingungan, gue lebih bingung -______- emaaaakkkk….

Ternyata hari itu adalah hari kedua pelatihan, dan gue disuruh dateng sama mba-mbanya di hari kedua pelatihan gggrrrrrr pantesan pada bingung. Ternyata gue udah melewati 2 agenda penting asleb, yang pertama Perkenalan dan Pengenalan yang dilakukan di BSI Salemba 22, kemudian pelatihan hari pertama. Mulailah hari itu waktu pelatihan hari kedua, sedikit yang gue kenal. Salah satunya si Nita, cewek yang bikin heboh satu kelas waktu dia ikut jam pengganti di kelas gue tempo lalu, kemudian Meilan yang emang dia temen sekelas gue dan kaget kalo gue ada di belakangnya (kampret nih anak baru nyadar). Lalu si Wawan yang rumahnya emang deket sama rumah gue, dan Ka Alimah yang kebetulan dulu dia asdos di kelas gue. Awal kali dimulai gue disuruh memperkenalkan diri dulu setelah itu barulah kita mulai waktu pelatihan. Seinget gue waktu itu belajar tentang C++. Cuma C++ kok gampang, alhasil gue jadi yang paling tercepat dalam ngerjain soal yang dikasih pengajar. Wihhh !!! wkwkwk sombong dikit harus itu !!! karna disini gue mau buktiin kenapa gue pantes jadi asleb.

Nah masuklah dimana kita harus mempertunjukan cara mengajar, alhasil satu persatu dari kami disuruh maju ke depan untuk mencoba menerangkan seperti dosen dengan memilih slide atau materi yang paling kita pahami. Dan apesnya yang pertama itu gue !! KENAPA??? KENAPA??? YA ALLAH KENAPA??? Dan sejak kejadian ini gue ga percaya kalo pelatihan itu seru kaya yang dibilang kaka asdos semester 4 gue.

Oke lah gue maju, gue pilih materi VB I karna menurut gue itu yang bener-bener paling mudah dipahami. Gue mulai menjelaskan dengan lancar tanpa kendala berarti. Asik dah.
Dihari ketiga pelahin masih sama kaya hari kedua, kita belajar VB II KA yang bener-bener bikin gue pusing sama akuntansi nya. VB nya si gampang akuntansi nya itu loh -____- gue anak IPA waktu SMA dulu, dan sekarang gue ambil Manajemen Informatika. Ga ada basic sama sekali ke akuntansi, apalah itu istilah balance dan jurnal krik…krik..krik…

selesailah hari ketiga setelah kami mengumpulkan jadwal mata kuliah untuk mengatur jadwal mengajar dan besoknya jadwal mengajar pun udah turun dan alangkah kagetnya gue ngajar kelas sendiri, ngajar Web Programming di kelas sendiri azzzzz

- To be continued - 

Part II - Semester Pertama

0 comments:

Mari budayakan komentar yang positif dan mohon kebijaksanaannya untuk tidak melakukan spamming. Jangan menyertakan link di dalam komentar, karena akan terdeteksi sebagai spam oleh google Life for sharing.