All About Asisten Instruktur - Part IV : Kegagalan

Friday, January 29, 2016 Widi Ramadhan 0 Komentar


Emmm, sebelumnya di part berikut ini akan gue ubah sedikit gaya cerita gue keluar topik dari sebelum-sebelumnya.  Jadi yang punya sifat melankolis mending di skip aja wkwkwk

Setelah semester kedua usai, tentu aja selalu ada tahap evaluasi kembali yang menentukan kita tetep lanjut sebagai asdos atau engga. Di Evaluasi ini gue di sidang sama Bu Anna.


“Kak Widi ya? Dulu pernah saya ajar ya?”
“iya bu pernah waktu semester 5”
“Mata kuliah perancangan web ya?”
“iya bu hehehe”
“Oh saya baru sadar kalo kaka ternyata asdos juga” *gubrak* “abisnya kaka jarang ngumpul disini si”
“hehe iya bu saya biasanya di perpus”
“Gimana kak kesan-kesannya ngajar di semester ini?”
Blablablablablabla…..
“Nah, kira-kira sekarang kakak mau lanjut tetep jadi asdos atau instruktur nih? Tapi kalo instruktur minimal ngajar 3 semester ka”
DEGG !!!!
“Sepertinya saya ngundurin diri aja bu, saya mau cari kerja diluar”
“Oh begitu, yaudah kalo misalnya masih mau lanjut dilanjut aja ka sekalian nunggu wisuda kan, tapi kalo ada kerjaan yang lebih baik diluar diambil aja kak semoga kakak bisa sukses, amin”
“amiiin, makasih ya bu”

Begitulah kira-kira inti percakapan gue sama Bu Anna. Yap, disini gue memutuskan untuk ga lanjut sebagai asdos. Ada beberapa alasan memang, yang pasti semangat gue udah bener-bener hilang. Hilang karna urusan hati. Terluka….

Yap terluka… 
Dibalik pengalaman jadi asdos ini terselip kisah cinta gue yang memilukan eciee. Awalnya gue gamau nulis ini disini tapi semua serba berhubungan sama alur kedepannya -_-. Oke, oke gue ceritain… Hubungan gue sama pacar ga bisa dikatakan baik-baik aja, gue rasa emang udah sampe batas akhir. Dan lagi-lagi kata terluka itu kepikiran lagi kalo diinget setahun belakangan ini.

Terluka…
Perasaan paling buruk yang gamau gue rasain, terluka di hati begitu susah sembuh daripada terluka di kulit, tapi…
Apa yang lebih buruk dari terluka? Saat kita terluka tapi kita sadar kita malah begitu menyayangi orang yang melukai kita, apapun luka yang di torehkannya kita tetap menyayangi orang itu dan lebih ingin menyimpan rasa sakit itu sendiri.


Kembali ke beberapa waktu lalu….

Disini lah gue, di tepi kolam ikan rumah dosen pembimbing gue. Gue kesini untuk mengumpulkan Tugas Akhir dan mendaftarkan diri sebagai peserta sidang (baca : sidang TA bukan sidang maling sabun). Di tepi kolam ini gue sedikit melamun sambil melemparkan beberapa batu kecil kedalamnya.
Lama gue memandangi kolam yang sedari tadi ada tepat di depan gue. Memandangi kehidupan di dalam sana, hilir mudik ga perduli dengan gue yang mengganggu melempar batu dari tadi, hanya berenang pelan mengikuti aliran air. Gatal rasanya ingin bertanya pada ikan…

Hei ikan…
Apakah sesakit ini jika hati terluka?
…...
Tak ada jawaban….
(kalo ada yang jawab udah nyemplung kali gue)

Gue lempar sekali lagi batu yang gue ambil… dan batunya kali ini langsung tenggelem tanpa meloncat seperti harapan gue yang sekarang sedang ditenggelamkan olehnya…

Tunggu…. Jangan mikir gue mau bunuh diri kampret !!! gue cuma mau ngumpulin TA aja kok, lagian bunuh diri juga ga di kolam ikan gini juga kali, apalagi kolam ikan dosen pembimbing -___-
Setelah urusan Tugas Akhir gue kelar, gue bisa fokus memperbaiki atau menambah fitur-fitur aplikasi yang gue buat untuk TA ini sampe waktu sidang nanti dimulai.

Hari demi hari  berjalan begitu ga normal, sendiri tanpa semangat, sampai akhirnya tiba saat waktu sidang. 21 Agustus 2015 adalah hari yang ga pernah bisa gue lupain, hari dimana penuh penyesalan buat diri gue sendiri. Gue yang begitu lecek dan kusam karna kebanyakan ngegalau (boong) berangkat menuju tempat sidang. Sengaja gue berangkat 2 jam lebih awal karna ke tempat tujuan membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Tapi takdir berkata lain. Beberapa meter dari tempat tujuan terlihat jembatan sedang di bangun dan tidak bisa dilewati orang, kemudian gue disuruh muter lewat persawahan. Pagi itu cukup sepi, cuma ada gue dan beberapa motor lainnya.

“Mas ini lewat mana ya?” tanya om-om berkumis
“waduh saya juga gatau mis, ini juga lagi nyari jalan”

Alhasil kita nyasar ke perkampungan yang entah dimana itu (padahal jalan pintas kesana itu deket banget dan gue nyasar jauh banget). Daripada ga yakin jadilah gue puter arah lewat jalan raya besar yang ngebuat gue telat 15 menit dari waktu sidang dan alhasil gue ga di perbolehkan ikut sidang T_T

Gue disuruh ikut sidang susulan atau her. What?? Gue disatuin sama yang her T___T kesel, tapi gatau harus dilampiasin ke siapa. Nyesel, tapi waktu ga bisa diputer ulang. Semua perjuangan TA gue dari semester 5 berakhir begitu tragis hiks hiks hiks…

Beberapa bulan ini bener-bener buat gue frustasi…
Seakan semua semangat ikut redup, biarlah mungkin ini emang jalan takdirnya.
Setelah bergulat dengan kegalauan beberapa hari gara-gara urusan sidang ini, gue dapet tawaran kerja dari salah satu temen gue.

“Wid, nih ada lowongan di tempat kerja tetangga gue”
“lowongan apa?”
“jadi video editor, kan lu bisa tuh makanya gue nawarinnya ke lu”
“oh boleh deh dicoba”

Dari sanalah semangat gue ikutt hidup kembali. Mulailah gue coba-coba ngelamar di perusahaan siaran televisi ternama itu.
Gue udah siap dan udah sampai di TKP, setelah melewati beberapa tahap interview (yang pasti ditanya mana ijazah kuliahnya wkwk sidang aja belum karna telat pake nanyain ijazah) sampailah gue saat tes kemampuan, disini gue cukup nguasain aplikasi edit video seperti Affter Effect ataupun Adobe Premier jadi berasa pede lah. Tugasnya gue disuruh sensor iklan yang ada di acara inbox yang durasinya lebih dari 1 jam -_-“ tau kan iklan-iklan baliho, atau spanduk gitu? Nah gue disuruh ngesensor itu. Gampang lah kalo Cuma itu mah, tapi…..

Tapi disana semua komputer pake MacOS -_-“ dan gue baru pertama kali pake langsung tuh OS,. Dan alhasil gue harus ngebiasain diri dulu sama nih OS karna bener-bener beda dari Windows ataupun Linux yang sering gue pake. Butuh waktu sejam untuk gue bisa edit nih video. Tapi ada miss communication diantara karyawannya gue rasa, yang nyuruh gue edit ini video bilang “Pas di sorot ke penontonnya crop aja videonya” tapi yang meriksa hasil editing gue bilang “loh kok ini videonya di potong-potong?”

Lah… dia bingung…
Orang di sebelah gue bingung…
Mba-mba cantik di pojokan yang lagi nyeruput kopi juga bingung…
Apalagi gue !!!

Akhirnya setelah melewati proses test masuklah ke proses interview kedua, disini gue ditanya macem-macem dan berujung penolakan halus wkwkwk pas si bos liat berkas-berkas gue ternyata dia langsung nolak gue gara-gara gue jurusan Manajemen Informatika -_- dia lagi butuh anak broadcasting. Kampret ga ada yang ngasih tau gue sebelumnya sial…

Pulangnya dari sana gue langsung nerima bbm dari mak indy

“kak wid”
“oit”
“kamu lanjut kan jadi asisten?”
DEEGG !!! lanjut engga lanjut engga, tapi kan kemaren gue udah bilang engga -_- tapi kalo lanjut ya sekalian nunggu wisuda juga. Gimana ya?
“Emm, iya deh mak aku lanjut”
“Oh yaudah nanti tanggal sekian bulan sekian tahun sekian sebelum masehi kamu ke kampus ya buat tanda tangan kontrak, cuma kamu doang nih yang belum”
“Oh oke deh mak”

Begitulah kira-kira percakapan gue sama mak indy di bbm yang sebenernya gue juga lupa ngomongin apa lagi wkwkwk jadinya untuk semester depan gue lanjut jadi asdos dan belum berakhirlah cerita gue ini wkwkwk…

Setelah menandatangani kontrak kemudian gue disuruh dateng lagi tanggal sekian untuk mengikuti kegiatan asdos yang biasanya di laksanakan di Salemba 22, sekarang dipindahkan ke BSI Jatiwaringin. Di hari H nya agenda tersebut tentu aja banyak pertanyaan yang menyerbu..
“ka, kenapa telat sidang?”
“ka, terus gimana itu?”
“ka, kalo diikutin her kan gabisa dapet A..”
“Ka, boleh saya napas?”
BOLEH SEMPAK !!! anjir malu semalu-malunya gue dapet pertanyaan gitu, apalagi gue asdos. Motivasi yang selama ini gue pegang mana? Aduh ancur udah gara-gara masalah cinta eciee…
 Acara pun berjalan sebagaimana mestinya, disini asdos lama yang lanjut hanya gue dan ka Dody. Tibalah di pertengahan acara, ada game disana. Tau eat bulaga? Atau gimana itu tulisannya gue gatau -_- iya jadi disitu gue diikut sertakan dalam game itu. Gue sama ka Dody, harus ngejawab ciri-ciri BSI dari daerahnya.
“Daerah Jakarta?”
“Tidak.. tidak…”
“Daerah Bekasi?”
“Bisa jadi…”
“Kaliabang?”
“Tidak.. tidak…”
“Cikarang?”
“Yap, betul”
Alhasil game tersebut cukup menghibur tapi engga buat gue dan ka dody yang emang keliatan gregetan wkwk. Acara pun selesai dan kita kembali ke aktivitas masing-masing sampai waktu nya pelatihan…

*****

Terkadang gue membiarkan semua emosi gue bicara..
Terkadang juga gue menahan emosi gue, keduanya ga jauh berbeda. Selalu ada sesal yang muncul ketika emosi itu keluar dan tertahan. Ada peristiwa yang gabisa gue lupain, sampe gue gatau harus bersikap gimana. Setelah pulang dari Jatiwaringin gue benar-benar memutuskan hubungan gue sama doi, gue rasa emang udah gabisa dijalanin lagi. Kalopun bisa itu cuma keterpaksaan aja, buat apa dilanjutin kalo akhirnya ga ada yang bahagia yakan? Gue berharap dengan putusnya hubungan ini, kita bisa sama-sama belajar arti kehilangan. Gue ngerasa berada di garis abu-abu atau keraguan, dan harus memilih jalan antara hitam dan putih. Setelah keputusan itu udah bulat jadilah kita resmi putus.

Bukan karna gue gamau nyelesain masalah yang udah ada, tapi gue rasa doi udah bener-bener kejebak sama permainannya selama ini, kalopun masih lanjut pasti bakal ada lagi kejadian serupa nantinya. Gue yakin !!! Harapan gue kedepannya semiga bisa saling berkaca dan intropeksi diri masing-masing :)

Sejak saat itu, hari-hari inilah yang merupakan kegagalan terbesar dalam hidup gue…
Kegagalan dalam melaksanakan tugas akhir…
Kegagalan dalam hubungan percintaan…
Kegagalan dalam mencari pekerjaan…
Tapi gue yakin, kegagalan ini adalah sebuah keberhasilan yang tertunda… uhuk uhuk…


 Kembali ke masa kini…

Pagi ini berbeda…
Pagi ini hadir bersama harapan baru melepas kenangan yang terjadi beberapa waktu lalu. Semoga harapan gue di pagi ini semakin tinggi seiring mentari yang semakin terlihat tinggi.
Dulu gue berharap….
Hari seperti ini bakalan ada, hari dimana gue bisa terbebas dari kenangan masa lalu dan sekarang hari ini benar-benar ada !! bukan lagi mimpi tapi kenyataan !
Dulu gue cuma liat sedikit warna, gue juga sempat berada di titik garis abu-abu antara lanjut dan putus, antara hitam dan putih, jalan manapun yang gue pilih gue ga pernah mau lagi berada di titik garis abu-abu itu, garis keraguan.

Dan sekarang gue melihat warna lebih terang dari yang gue liat dulu, karena hidup penuh warna, ga perduli warna apa yang gue pilih atau warna apa yang mau gue ambil, yang jelas gue ingin menuangkan warna baru dalam kehidupan gue.

Mengutip dari perkataan yang dikutip…

Hidup itu seperti tasbih…
Berawal dan berakhir di titik yang sama, bukan tasbih namanya jika hanya satu butir.
Demikian pula bukan hidup jika hanya ada satu rasa.
Kehidupan akan sempurna jika telah melewati serangkaian butiran suka, duka, tawa, tangis, gagal, berhasil, atau pasang dan surut.
Seperti tasbih yang melingkar, hidup juga demikian. Kemanapun pergi dan berlari, tetap dalam lingkaran takdirNya.

Pernah seseorang bertanya ke gue, kalo dia jadi kumbang gue jadi apa?
Matahari…
Kalo dia jadi hujan, gue jadi apa?
Matahari…
Kalo dia jadi langit, gue jadi apa?
Matahari…
Duluan mana ayam sama telor?
BODO AMAT !!!!

Untuk setiap wanita yang membacanya, adakah?
Siapakan “Matahari” yang ada di dalam kehidupan kamu?
Kalau udah menemukan dan melihat Matahari tersebut, jangan pernah sekalipun meninggalkannya

Untuk setiap laki-laki yang membacanya, adakah?
Sudahkah seperti matahari? Memberi tanpa pamrih. Berkorban, menyakitkan namun sangat layak untuk cinta.
Setia, walau ditinggal pergi dan di khianati namun tetap menanti dan mau memaafkan.

Untuk setiap laki-laki yang membacanya, hargai dia !
Yang punya pacar, hargai dia !
Yang punya istri, hargai dia !
Kalo memang kalian cinta, hargai dia !
Definisi hargai gue rasa sebagai laki-laki tau harus berbuat apa untuk menghargainya.

Berhubung gue masih melanjutkan sebagai asdos, jadi cerita ini masih berlanjut. Ini cuma sepenggal cerita yang bisa ngebuat gue menjadi sekarang. Cerita yang sangat berkesan dengan penuh kegagalan besar dalam hidup gue. Oke kita lanjutkan part selanjutnya….

- To be continued -

0 comments:

Mari budayakan komentar yang positif dan mohon kebijaksanaannya untuk tidak melakukan spamming. Jangan menyertakan link di dalam komentar, karena akan terdeteksi sebagai spam oleh google Life for sharing.